Kindle Fire Coupon Kindle Fire Coupon 2012 Kindle DX Coupon 2012 Kindle Fire 2 Coupon Amazon Coupon Codes 2012 Kindle DX Coupon PlayStation Vita Coupon kindle touch coupon amazon coupon code kindle touch discount coupon kindle touch coupon 2012 logitech g27 coupon 2012 amazon discount codes

Kurikulum Spiritual

Keinginan menghadirkan sekolah yang menyenangkan bagi anak serta terbitnya fajar abad spiritualitas menyemangati kami untuk merintis sekolah zaman baru: Sekolah dengan Kurikulum Spiritualitas.

Era spiritualitas adalah keniscayaan, setelah manusia menjalani dan melampaui era rasional. Riset dan penemuan baru seputar dunia makrokosmos dan mikrokosmos, Titik Tuhan (God Spot) dalam diri manusia, spiritual capital, kecerdasan emosi, serta multiple intelligence — sekedar menunjuk beberapa contoh –- menorehkan wajah baru ilmu pengetahuan. Perlahan dan pasti penelitian ilmiah bergerak menuju paradigma Holistik (holistik-sistemik-organismik) untuk membedakannya dari paradigma Newtonian yang materialistik-mekanistik-reduktif.

Kami mengawalinya dengan kurikulum yang mengembangkan olahpikir (tafakkur), olahrasa (tasyakkur), olahjiwa (taqorrub), dan olahraga (tawakkal) anak didik secara utuh dan terpadu (holistik integratif) dalam atmosfer Dzikrullah. Kurikulum spiritualitas membawa anak menjelajahi alam diri, mengalami ketakjuban semesta, merajut keharmonisan sosial, menempa minat dan potensi diri, agar bertambah-tambahlah rasa syukurnya kepada Allah SWT, Dzat Penciptanya.  Muaranya adalah karakter Tauhid, kompetensi, dan kepemimpinan (kearifan) – agar anak mampu menjadi problem solver dan rahmat bagi seluruh alam.

Kurikulum Spiritualitas kami ambil inspirasinya dari Alquran surah Ali Imran ayat 191:

 

 “(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk, dan berbaring, serta bertafakkur memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi, (dan berucap), “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan ini sia-sia, MahaSuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka..”

Selanjutnya  ia masih bertutur, seperti terungkap pada ayat-ayat berikutnya:

192. Ya Tuhan kami, sesungguhnya orang yang Engkau masukkan ke dalam neraka, maka sungguh Engkau telah menghinakannya, dan tidak ada seorang penolong pun bagi orang yang zalim.

193. Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar orang yang menyeru kepada iman, (yaitu): “Berimanlah kamu kepada Tuhanmu,” maka kami pun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami, dan matikanlah kami bersama orang-orang yang berbakti.

194. Ya Tuhan kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami melalui rasul-rasulMu. Dan janganlah Engkau hinakan kami pada Hari Kiamat. Sungguh, Engkau tidak pernah mengingkari janji.

195. Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya. Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang yang beramal diantara kamu, baik laki-laki maupun perempuan, (karena) sebagian kamu adalah (keturunan) dari sebagian yang lain. Maka orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti di jalanKu, yang berperang dan yang terbunuh, pasti akan aku hapus kesalahan mereka dan pasti Aku masukkan mereka ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, sebagai pahala dari sisi Allah. Dan di sisi Allah ada pahala yang baik.

Ayat-ayat selanjutanya 196-200, walaupun tidak dikutipkan disini, sesungguhnya masih satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari ayat-ayat di atas. Silakan membacanya secara tuntas.

Keyword: sekolah interaktif, sekolah inklusi, gemilang mutafannin, sekolah yang menyenangkan, kurikulum spiritualitas, paradigma Holistik, paradigma Newtonian, pendidikan holistik integratif, pendidikan karakter Tauhid, pendidikan kompetensi, pendidikan kepemimpinan, olahpikir, tafakkur, olahrasa, tasyakkur, olahjiwa, taqorrub, olahraga, tawakkal.